Aplikasi Google Drive untuk PC dan Mac akan Segera Dihentikan Maret 2018

Google mengumumkan bahwa pihaknya berencana untuk menghapus aplikasi Google Drive untuk PC dan Mac. Dukungan dan bantuan untuk pengguna yang menggunakan Google Drive PC atau Mac akan mulai dihentikan per tanggal 11 Desember 2017 mendatang. Aplikasinya sendiri akan dihapus secara menyeluruh pada tanggal 12 Maret 2018.

Menurut The Verge, pengguna Google Drive desktop akan mulai melihat notifikasi di bulan Oktober yang menyatakan bahwa layanan Google Drive akan mulai dinonaktifkan. Google lantas akan mengarahkan pengguna untuk menggunakan salah satu dari dua alternatif Google Drive PC, tergantung dari apakah pengguna adalah pengguna pribadi atau bisnis: Backup and Sync dan Drive File Streamer.

Software Backup and Sync yang masih tergolong baru ini dapat digunakan untuk membuat backup data, sekaligus untuk mengakses data yang diunggah di software cloud-based ini. Pada dasarnya, software ini memiliki fungsi dan cara kerja yang sama seperti Drive.

Untuk keperluan bisnis, Google akan menyediakan Drive File Streamer yang dapat menghemat space di drive lokal, dan memberikan para pengguna akses menuju semua dokumen dan file Google Drive sesuai permintaan, langsung dari komputer. Layanan Google Drive sendiri tidak akan dihentikan. Pengguna masih dapat mengakses Google Drive dari aplikasi smartphone dan akses situs web langsung.

Popular Posts