EFzgNjAX1DyP6wvDI9fujGFJjaw Blog for Newbie: Pertolongan pertama saat komputer mati

Pertolongan pertama saat komputer mati

Terkadang kita bingung apa yang harus kita lakukan saat komputer yang kita pakai tiba-tiba mati, untuk mengatasi permasalahan
tersebut kita dapat mencoba beberapa tips berikut ini :
langkah2 yg perlu dilakukan:
1. Cek utk memastikan kabel power sudah terpasang.
2. Jika ada UPS dg soft power switch, tekan switch untuk menghidupkan UPS.
3. Periksa power switch belakang di power supply, apakah ada.
4. Cek voltage switch di power supply, jgn mencoba menghidupkan komputer jika voltage switch tidak terpasang dg benar.
5. Cek koneksi dalam komputer.
6. Cek power switch komputer utk memastikan switch ini tidak rusak.
Boot error messages (sistem nyala tapi tidak boot atau sama sekali / ntldr missing atau Non-system disk atau disk error, atau pesan serupa)
langkah2 yg perlu dilakukan:
1. Lepas removable disk yg ada dari drive dan lakukan restart.
2. Gunakan POST card.
3. Jalankan diagnostic utility.
4. Cek BIOS pada boot order.
5. Khusus Windows 2000/XP: Jika konfigurasi berubah, boot dengan boot disk. File boot ini mungkin perlu di edit.
OS tidak ada
Langkah2 yang perlu dilakukan:
1. Periksa boot order di BIOS.
2. Hard drive mungkin rusak. tes dg diagnostic utility, hard drive utility, FDISK, Partition Magic Drive Information, Disk Management pada komputer 2000 atau XP yg terpisah atau menggunakan hard drive tester basis hardware.
komputer terkunci saat booting
1. Cek BIOS apakah plug and play dienabled.
2. Driver mungkin tdk kompatibel dg OS, khususnya 2000/XP. Boot dan masuk safe mode lalu cek device manager, atau gunakan konfigurasi Last Known Good atau system restore.
3. Hardware device mungkin tdk berfungsi. Cek dg POST card atau diagnostic utility, atau lepas semua peripheral dan sesekali gantilah.
selamat mencoba semoga bermanfaat

Semoga membantu anda dalam kepanikan

2 komentar:

Ancis mengatakan...

Hmmmm Nice artikel Bro.....
Bro seorang IT ya, hmmm bisa jadi guru nih.......

Kapan2 kalo aku nanyain macam2 bisa ya Bro...... SALAM KENAL.....

Eka Hendrayana mengatakan...

iya IT nie tapi masih belajar juga brow.kita sama2 belajar aja mungkin yang mana aku ga tau ya bisa juga bertanya.thanks uda comment ya