Asal dan sejarah Backtrack

Untuk sebagian orang mungkin distro linux yang satu ini terkesan asing diantara nama-nama distro linux yang lain seperti, Red Hat, Fedora, Mandriva, Ubuntu, Debian, dll

Distro ini sebenarnya mempunyai sejarah yang cukup panjang. Sebelum Bactrack dilahirkan ke Cyber Word (Dunia Maya), cukup sulitnya mencari tools yang sering digunakan oleh para security profesional dan karena hal tersebut orang-orang yang berhubungan dengan kegiatan atau pekerjaan ini menciptakan Sistem Operasi (OS) yang siap digunakan.

Backtrack biasa digunakan oleh para profesional security untuk melakukan penetrasi pada jaringan yang mereka kelola untuk melihat kelemahan yang ada pada system mereka, dan tidak ketinggalan para cracker pun turut serta menggunakan distro ini untuk melakukan aksi-aksi brutalnya didunia Cyber.

WHOPPIX adalah sebuah distro linux khusus untuk kalangan security profesional yang dibuat berdasarkan distro KNOPPIX, sebuah Distro Live CD yang artinya bisa menjalankan sistem operasilangsung dari CD tanpa harus menginstal OS tersebut ke dalam Harddisk. Versi 3.0 pada distro WHOPPIX yang juga mengambil berbagai exploit dari situs-situs Security seperti Securityfocus, Packetstorm, SecurityForest dan Milw0rm ini merubah namanya menjadi WHAX. Mengapa dirubah WHAX...? sistem operasi yang digunakan bukan WHOPPIX lagi tapi SLAX yang dianggap lebih modular dan mudah untuk diutak-atik


WHAX adalah singkatan dari White Hat and Slax, ini adalah hasil kerja dari seorang konsultan dari israel yang bernama Mati Aharoni.

Pada zamannya ternyata WHAX bukan satu-satunya distro yang digunakan oleh para security profesional Auditor Security Collection merupakan distro dengan tujuan yang sama persis dengan WHAX, dengan kumpulan software yang sangat banyak, bahkan jumlahnya melebihi dari distro WHAX. karena Visi dan Misi dari kedua distro ini sama, maka keduanya memutuskan untuk meried hehe...(bergabung -red)

Karena alasan inilah distro linux yang dinamakan Backtrack ini menjadi terkenal dikalangan para Hacker & Cracker, karena dapat dijadikan senjata ampuh untuk melakukan kegiatan hacking yang mereka lakukan.

Pada tanggal 26 Mei 2006, Bactrack 1.0 dilepas ke publik, dan saat ini backtrack terbaru dengan versi 4.0 juga sudah direaleas dan bisa download pada situs resminya yaitu http://www.remote-exploit.org/Backtrack_download.html atau bisa juga disitus Indobacktrack


diangkat dari : http://www.d13yk4.co.cc/index.php?news&nid=6


Advertise with my Blog

Popular Posts