EFzgNjAX1DyP6wvDI9fujGFJjaw Blog for Newbie: Cara mengamankan wireless LAN

Cara mengamankan wireless LAN

Salah satu kendala/keraguan dari pengguna Wireless Local Area Network (WLAN) yang paling utama adalah masalah security. Dengan pemanfaatan teknologi wireless maka data-data yang dikirim mau tidak mau akan melewati “udara bebas”. Dengan kondisi tersebut ancaman terhadap isi datanya cukup besar. Beberapa ancaman terhadap sistem WLAN adalah adanya kerawanan terhadap bahaya penyusupan. Hal tersebut sangat dimungkinkan karena asal penyusup mempunyai WLAN card maka berarti dia sudah memiliki kesempatan untuk masuk ke jaringan. Dengan adanya kondisi diatas, maka diperlukan adanya keamanan jaringan WLAN secara berlapis-lapis.

WEP (Wired Equivalent Privacy)

WEP merupakan suatu algoritma enkripsi yang digunakan oleh shared key pada proses autentikasi untuk memeriksa user dan untuk meng-enkripsi data yang dilewatkan pada segment jaringan wireless pada LAN.WEP digunakan pada standar IEEE 802.11. WEP juga merupakan algoritma sederhana yang menggunakan pseudo-random number generator (PRNG) dan RC4 stream cipher.RC4 stream cipher digunakan untuk decrypt dan encrypt.


Keuntungan penggunaan dari WEP :
1.Semua jenis laptop atau lan card sebagian besar sudah dapat membaca security WEP daripada WPA/WPA2.

Kelemahan dari WEP :
1.Jenis security yang jadul sehingga dengan gampang seorang meng-hack dari sebuah wireless karena tools untuk meng-hack WEP sudah banyak dipakai dan teruji.
2.Dengan menggunakan dekripsi yang mudah ditebak dari tool hack wireless.
3.WEP menggunakan key yang statis sehingga mudah ditembus.

WPA (Wi-Fi Protected Access)
WPA merupakan teknologi keamanan sementara yang diciptakan untuk menggantikan kunci WEP. Ada dua jenis yakni WPA personal (WPA-PSK), dan WPA-RADIUS
Saat ini yang sudah dapat di crack adalah WPA-PSK, yakni dengan metode brute force attack secara offline. Brute force dengan menggunakan mencoba-coba banyak kata dari suatu kamus. Serangan ini akan berhasil jika passphrase yang yang digunakan wireless tersebut memang terapat pada kamus kata yang digunakan si hacker.
Untuk mencegah adanya serangan terhadap keamanan wireless menggunakan WPA-PSK, gunakanlah passphrase yang cukup panjang (satu kalimat).

Keuntungan WPA :
1.Key yang susah di hack.
2.Key yang bisa dieja dan mudah diinget.
3.Lebih dipercaya untuk security ketimbang memakai WEP

Kelemahan WPA :
1.Terkadang tidak cocok dengan beberapa jenis lan card yang jadul

Jadi kesimpulan pengarang untuk sementara lebih kita memakai WPA ketimbang WEP karena keunggulan dari security yang lebih bagus.

Sorry postingan ini sedikit dan kurang lengkap.dan kalau ada yang menambahkan silahkan comment.Semoga penjelasan diatas sedikit bermanfaat

Tidak ada komentar: