Perintah dasar Linux


Saya akan mencoba membagi pengalaman saya yang sedang saya lakukan hingga sekarang ini yaitu dengan mengulas sedikit perintah linux yang sering digunakan sehari-hari.Hingga postingan ini terbit saya menggunakan distro backtrack 4 final dari linux.So, berhubung saya sedang belajar, apa salahnya saya membagi pengalaman tentang perintah linux dan itupun yang saya pakai dalam pengoperasian OS Linux ini.Semoga postingan ini dapat membanu rekan-rekan blogger dalam mempelajari linux.Ya hitung-hitung OS gratisan dan sapa tahu tar harga OS lain yang berbayar sangat mahal dan tidak bisa di crack.


ls
Melihat isi file dari direktori aktif. Pada linux perintah "dir" hanya berupa alias dari perintah "ls". Untuk perintah "ls" sendiri sering dibuatkan alias "ls --color", agar pada waktu di "ls" ditampilkan warna-warna sesuai dengan file-filenya, biasanya hijau untuk execute, dsb.

ls -al
Melihat seluruh isi file pada direktori aktif beserta file hidden + attribute/permission filenya , lalu ditampilkan layar perlayar.
 
cd (directory)
Change directory. Menggunakan "cd" tanpa nama direktori akan menghantarkan anda ke home direktor. Dan "cd -" akan menghantarkan anda ke direktori sebelumnya.

mv source destination
Memindahkan atau mengganti nama file. Contohnya : mv /opt/lampp/htdocs/joomla.zip /home/sleepholic/Desktop . ini aritnya anda memindahkan (cut) file joomla.zip ke Desktop .Untuk Rename : mv namaLama namaBaru . Contoh: mv Joomla.zip Project.zip .ini berarti
anda mengganti nama joomla.zip menjadi project.zip

rm files
Menghapus file. Contoh rm /opt/lampp/htdocs/Joomla.zip ini berarti anda menghapus file Joomla.zip dalam folder /opt/lampp/htdocs/

mkdir directory
Membuat direktori baru. contoh mkdir /home/sleepholic/Desktop/folderbaru .Ini berarti anda telah membuat folder baru di desktop dengan nama folderbaru

rmdir directory
Menghapus direktori yang telah kosong. Hanya bisa dilakukan untuk folder yang kosong. Contoh : rmdir /home/sleepholic/Desktop/folderbaru .Ini berarti anda menghapus folderbaru di Desktop

pico / nano filename
Edit suatu text file

gunzip filename.gz
Meng-uncompress sebuah file zip (*.gz" or *.z). dengan menggunakan gzip (juga zip atau compress) jika anda menginginkan mengompress file.

locate filename
Mencari file dengan string "filename". Sangat mudah dan cepat dari perintah di atas.
talk username1

xinit
Menjalankan X-window server (tanpa windows manager).

startx
Menjalankan X-window server dan meload default windows manager. Sama seperti perintah "win" under DOS dengan Win3.1

Sudo
Menjalan sebuah aplikasi pada linux ubuntu.

wicd start
Menjalankan sebuah services program wicd agar dapat digunakan.

networking start 
Menjalankan services network agar kita dapat mengaktifkan fungsi dari jaringan kita.

passwd
Pada distro linux backtrack 4 ini berfungsi agar kita dapat mengganti password dari root.

Demikian postngan ini saya buat semoga membantu....Apabila ada kesalahan dari postingan ini mohon bantuannya.Sekalian juga untuk para ahli Linux mohon dibantu yaxxx.........Lain waktu saya akan mencoba membuat perintah Windows selagi sebagai Teknisi Komputer.

Popular Posts