Istilah Dalam Jaringan

Dalam membentuk sbuah jaringan kita akan membutuhkan sebuah pengetahuan tentang bagaimana membuat jaringan agar berjalan dengan baik dan sedikit ada gangguan jaringan.Selain itu kita jug harus tahu istilah dalam membuat sebuah jaringan.Dengan sedikit pengetahuan dan hasil googling saya akan menshare beberapa istilah dalam jaringan :

Istilah yang sering digunakan dalam Jaringan Komputer adalah:
  1. NIC (baca: nick), singkatan dari Network Interface Card dan dikenal juga sebagai LAN Adapter. NIC digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan.
  2. IP Address, adalah sistem pengalamatan dalam jaringan. IP address memungkinkan sebuah komputer untuk mengirimkan data ke komputer lain dalam jaringan.
  3. Media, merupakan media fisik yang digunakan untuk mentranmisikan sinyal komunikasi. Contoh: kabel UTP, kabel Fiber Optic, frekuensi radio (RF).
  4. Protocol, merupakan aturan/prosedur yang digunakan oleh komputer dalam berkomunikasi. Contoh: FTP mengatur bagaimana transfer file dari sebuah komputer ke komputer lain.
  5. IOS (Internetwork Operating System), merupakan Operating System yang digunakan oleh Cisco router/switch.
  6. LAN (Local Area Network), merupakan jaringan kecil dalam satu wilayah terbatas secara geografis, misal dalam satu gedung atau komplek.
  7. WAN (Wide Area Network), merupakan jaringan yang menghubungkan banyak LAN dalam area geografis yang sangat luas.
  8. Physical Topology, merupakan topologi secara fisik bagaimana peralatan jaringan terhubung satu sama lain.
  9. Logical Topology, merupakan topologi secara logic yang menggambarkan bagaimana jalur sinyal komunikasi mengalir dari satu komputer ke komputer yang lain.
  10. Bandwidth, merupakan jumlah besaran informasi yang dapat mengalir pada koneksi jaringan dalam satuan waktu. Contoh: 100 Mbps.
  11. Gateway, adalah suatu perangkat jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan. Biasanya gateway digunakan sebagai penghubung antara jaringan local (LAN) dengan jaringan public (internet).
  12. Router, adalah adalah komponen jaringan yang bertugas routing paket dari
    suatu jaringan ke jaringan lain. Atau dapat disebut juga sebagai sebuah mesin
    (bisa berupa computer desktop atauapun sebuah alat khusus) yang digunakan
    untuk menyalurkan paket-paket yang dikirimkan oleh sebuah network ke
    network lain dengan melakukan suatu filtering terhadap paket2 yang dikirim
    hanya pada protocol TCP/IP.
  13. DNS merupakan singkatan dari Domain Name Service, fungsi utamanya adalah menerjemahkan alamat ip komputer dengan alamat yang lebih manusiawi atau bahasa daerahnya “humanable”. Seperti yang kita ketahui, setiap komputer yang terhubung ke internet harus punya ip address. Namun tidak semua orang bisa menghapalkan 66.94.234.13 , dan lebih mudah menghapalkan www.yahoo.com
Mungkin sekian dulu info dari blogger newbie kepada semua blogger.

Popular Posts